1 Tawarikh 6 (MAD2T*Mlm*26 Jan*Tahun 2)
1 Tawarikh 6
Penjelasan Singkat
Anak-anak Lewi
Isi Pasal
Keturunan Lewi. Kota-kota para imam dan orang Lewi.
Judul Perikop
Suku Lewi (6:1-30)
Penyanyi-penyanyi di rumah TUHAN (6:31-47)
Keturunan Harun (6:48-53)
Kota-kota orang Lewi (6:54-81)
Tafsiran: Ibadah yang istimewa. Silsilah suku Lewi ada di tengah-tengah deretan silsilah (ayat 2:1-9:1a). Ini menyatakan bahwa, selain lembaga kerajaan, ibadah amat penting, seperti pada zaman Musa (Bil. 2).
Silsilah dimulai dengan keluarga imam besar (ayat 1-15). Keturunan Lewi disempitkan pada Kehat (ayat 2), Amram (ayat 3), Eleazar (ayat 4a), dan Pinehas (ayat 4b). Hanya Pinehas yang mewakili garis keturunan imam besar (ayat 4b-15). Ada 2 komentar yang diberikan. Pertama, Yohanan adalah imam di Bait Allah Salomo (ayat 10). Penyebutan Bait Salomo penting karena: [1] Polanya harus ditegakkan kembali setelah pembuangan, dan [2] Hanya keturunan ini yang sungguh-sungguh keturunan imam besar yang sejati. Kedua, Yozadak diangkut ke Babel (ayat 15). Yozadak adalah ayah Yosua. Yosua adalah imam besar dalam program pembangunan Zerubabel, dan ia menggantikan imam-imam Lewi sebelumnya. Penempatan Yozadak di akhir silsilah imam besar mengokohkan posisi Yosua.
Berikutnya didaftarkan tugas-tugas kaum Lewi (ayat 16-47). Ayat 16-30 mendaftarkan kaum Lewi yang biasa dalam 2 daftar yang sejajar: [1] Anak-anak dari generasi kedua (ayat 16-19a), [2] Penjabaran sampai 7 generasi (ayat 19b-30). Penyebutan Elkana (ayat 25) dan Samuel (ayat 27-28) menyoroti orang yang mengurapi Daud menjadi raja (ayat 12-13). Dalam 1Sam. 1:1, Elkana disebut sebagai orang Efraim. Namun, di sini jelas bahwa Elkana dan Samuel adalah keturunan Lewi yang tinggal di antara kaum Efraim. Penyebutan Samuel menunjukkan bahwa silsilah ini merentang sampai masa Daud. Jika ini benar, penugasan oleh Daud bagi kaum Lewi dianggap tetap berlaku untuk komunitas pascapembuangan.
Renungkan: Tempatkan ibadah kepada Allah sebagai pusat kehidupan Anda. Di sanalah harapan dan pemulihan mengalir.
Imam yang istimewa. Selain kaum Lewi yang biasa (ayat 16-30), ada pula kaum Lewi sebagai para penyanyi (ayat 31-47). Perikop ini mendaftarkan orang-orang yang ditugasi untuk urusan musik (ayat 31). Artinya kaum Lewi tidak hanya bertugas di kemah suci, tetapi juga dalam Bait Allah di Yerusalem (ayat 32). Peraturan-peraturan ini didasarkan atas kedaulatan Daud dan Salomo, raja-raja yang dikagumi penulis Tawarikh. Para musisi dipilih dari setiap keturunan: dari bani Kehat (ayat 33-38), dari bani Gerson (ayat 39-43), dan dari bani Merari (ayat 44-47). Penjabaran panjang-lebar tentang para musisi ini membuat banyak orang menduga bahwa penulis Tawarikh sendiri adalah seorang musisi Lewi. Namun, hal itu tidak pasti. Mungkin ia hanya ingin menyelesaikan perselisihan di antara kaum Lewi pada masanya (lih. Neh. 7:43-44; 10:9-13,28-29; 11: 15-18; 12:24-47).
Tugas-tugas untuk keturunan Harun lalu dijabarkan. Jika imam besar hanya datang dari keturunan Zadok, semua keturunan Harun melayani sebagai imam-imam. Ada 2 bagian di sini. Pertama, tanggung jawab keimaman (ayat 48-49). Jika orang-orang Lewi yang lain diserahkan tugas untuk mengurus kemah suci (ayat 48), keturunan Harun diberi tanggung jawab khusus dalam tugas yang berkaitan dengan ibadah Israel. Mereka membakar kurban dan ukupan (Im. 1; 6:8-13; 16:13-16). Mereka juga mengadakan pendamaian bagi orang Israel sesuai dengan perintah Musa.
Kedua, kepemimpinan imam (ayat 48-53). Dengan ditetapkannya tugas-tugas kaum Lewi dan para imam, penulis Tawarikh menunjukkan keluarga mana yang menurunkan imam-imam besar yang membawahi anak-anak Harun lainnya. Penulis Tawarikh memberikan silsilah imam besar secara singkat dari Harun ke Zadok dan anaknya Ahimaas (ayat 50-53). Daftar ini diluaskan sampai ke zaman Daud (ayat 16-30). Yosua, imam besar yang berjuang bersama Zerubabel, merupakan salah satu keturunan dari garis ini. Seperti nabi Yehezkiel dan nabi Zakharia, penulis Tawarikh mengakui bahwa garis keturunan keimaman Zadok adalah satu-satunya yang sah untuk jabatan imam besar Israel pada periode setelah pembuangan.
Renungkan: Tidak semua orang dipanggil untuk menjadi pemimpin di dalam pelayanan umat Tuhan. Bila Anda tidak dipanggil untuk menjadi pemimpin, dukunglah para pemimpin Anda demi Allah!
Suku Lewi ditetapkan Tuhan untuk melayani di rumah Tuhan. Oleh karena itu mereka tidak mendapatkan tanah warisan untuk diolah turun temurun, supaya fokus mereka adalah melayani Tuhan. Untuk menghidupi suku Lewi dan keluarga-keluarga mereka, Tuhan telah menetapkan agar suku-suku lain menyerahkan sejumlah kota dan tanah penggembalaannya untuk dihuni kaum Lewi.
Daftar kota orang-orang Lewi yang dicatat di bagian ini adalah sejajar dengan daftar yang dituliskan di Yos. 21:1-42. Yang membedakan adalah pencatatan di Tawarikh mengikuti urut-urutan keluarga Harun terlebih dahulu (ayat 54-61), baru kemudian disusul dengan tiga keluarga Lewi, Gerson, Kehat, dan Merari (ayat 62-81).
Dari daftar kota-kota ini kita bisa mempelajari beberapa hal. Pertama, Tuhan memelihara suku Lewi lewat suku-suku lainnya, berupa kota yang dihuni dan lahan yang bisa diolah, bagian dari persembahan kurban yang boleh dinikmati oleh para imam yang bertugas mempersembahkan, juga berbagai persembahan yang diatur dalam Taurat. Kedua, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, keluarga-keluarga Lewi memiliki tanah penggembalaan yang bisa mereka kelola sendiri. Ini berarti mereka tidak perlu sepenuhnya bergantung pada belas kasih orang lain.
Ketiga, kota-kota orang Lewi tersebar di antara wilayah-wilayah suku-suku lainnya. Di antara kota-kota Lewi itu, ada kota-kota yang dikhususkan sebagai kota perlindungan (ayat 67). Di kota tersebut, seorang umat Tuhan yang secara tidak sengaja membunuh orang lain (kecelakaan) , boleh melarikan diri dan dilindungi dari pembalasan kerabat orang yang terbunuh.
Tuhan memelihara hamba-hamba-Nya secara khusus. Ini bukan berarti menganak emaskan mereka, karena mereka pun dituntut tanggung jawab yang besar. Sebab itu, tidak boleh ada iri terhadap mereka atau merasa tidak puas dengan cara Tuhan mengatur.
Comments
Post a Comment